Tuesday, May 5, 2020

Agar Tetap Waras selama Self Quarantine

Siapa yang pernah nyangka sih, kita sekarang hidup di masa ketika pandemi virus Covid-19 mewabah? Yang menyebabkan (mungkin) sebagian dari kita diwajibkan untuk self quarantine alias #dirumahaja untuk bantu lawan penyebaran virus. Tulisan ini nantinya akan jadi saksi cerita bahwa gue pernah melewati masa-masa pandemi ini *terharu.


Udah nyaris 2 bulan buat gue #dirumahaja! Gokil! Dari mulai yang enjoy minggu pertama kerja dirumah karena bisa ngerasain lepas dari rutinitas desek-desekan di KRL, terus lanjut di minggu ke dua yang gue pribadi ngerasain jam tidur ancur-ancuran karena insom plus udah mulai mati gaya di weekend mau ngapain lagi selain rebahan, terus masuk ke minggu ketiga yang tiap hari kadang bikin meringis minta ampun bosennya, sampe ke fase sekarang yang bisa dibilang udah mulai menikmati ritme #dirumahaja. FYI, menurut penelitian, butuh waktu 21 hari untuk membuat suatu hal menjadi kebiasaan! Nah jadi, dalam waktu kurang lebih sebulan bisa jadi kita emang udah mulai terbiasa dengan kondisi #dirumahaja ini. Setuju?


Selama #dirumahaja ini, gue pribadi jadi ngerasa bisa melakukan hal yang sebelumnya jarang atau bahkan susah gue lakuin. Karena sebelumnya, waktu di weekday bener-bener full buat pulang pergi kerja, sebagai anak Bogor yang ngantor di Jakarta, biasanya gue bisa ngabisin waktu kurang lebih 3 jam buat di jalan doang!! Setiap malem, niatnya workout bentar sebelum tidur, keburu cape dijalan duluan. Akhirnya rencana rutin workout hanya angan-angan. Lain ceritanya selama self quarantine ini, ternyata workout bisa gue lakuin bahkan 2x sehari, yak di pagi plus malem (kalo bener lagi mood).

Waktu di minggu awal, niat workout nya ya emang cuma mau workout aja, biar tetap bergerak gitu. Jadi gue download beberapa video tutorial workout dari channel Youtube 'Fitness Blender', gue workout rutin di pagi hari sebelum mulai kerja dirumah. Abis itu gue juga coba lanjut buat meditasi via dengerin podcast nya ‘Peace Sea Podcast’. Dan, wow! Ternyata abis workout plus meditesyen, gue ngerasa lebih fresh dan juga bisa lebih fokus seharian kerja. Untuk meditasi, emang gak tiap hari karena gue ngerasa ternyata meditasi lumayan sulit kalau emang ambience nya lagi nggak okey. Terus pernah juga, kantor gue ngadain kelas yoga virtual via zoom. Nah makin kesini, banyak juga temen temen yang update kalo mereka lagi purpose workout alias mau ngebentuk beberapa bagian tubuh tertentu misal, abs, ngecilin lengan, dll. Nah abis itu gue juga mikir, mungkin workout gue selanjutnya harus punya tujuan kayak gitu juga (?) Mungkin next gue harus coba Chloe Ting.


Selain workout, kegiatan yang kayaknya susah dan jarang banget dikerjain sebelumnya adalah masak memasak. Secara, nyokap punya usaha di bidang kuliner jadi setiap hari pasti bangun tidur, udah ada makanan yang tersaji di meja dan bikin gue ngga mau berkreasi alias yaudah makan aja yang ada haha. Semenjak #dirumahaja, jadi lebih bebas berkreasi karena pagi siang malem kalau mau tinggal acak-acak dapur aja. Dan gue akhirnya juga download ‘Cookpad’ untuk menunjang keingintahuan gue buat explore resep lebih lanjut, gampang banget tinggal cari resep terus pilih resep (yang paling gampang menurut lo) buat di praktekin deh. Dan yang seru nya lagi, gue baru tau kalo baking tuh menyenangkan! Selama ini males bikin kue karena keliatannya ribet dan effort, ternyata wow seru! Alhasil, oven yang selama ini dianggurin di pojokan dapur, kami gunakan kembali! 


Selain lebih sering masak (daripada hari biasanya), di suatu weekend saat mati gaya melanda, akhirnya gue beberes kamar dan perintilannya. Gue bongkar isi lemari, sortir-sortir baju, celana, rok yang udah jaranggg banget gue pake atau bahkan udah ngga muat. Gue juga rapihin lemari dan rak yang berisi koleksi buku, komik, novel, dan kawan-kawannya plus gue juga sortir buku-buku yang sekiranya udah ngga relate sama gue. Punten, Marie Kondo join!


Satu lagi hal yang bisa lo lakuin di self quarantine adalah window shopping versi 4.0 alias scrolling e-commerce HAHA. Berkali kali buka zalora, online shop di instagram, shopee, lazada (yang waktu itu diskon sneakers ampe 40% dan gue berhasil melewatkan godaannya). Tapi, di era pandemi ini bukan saatnya kita untuk berboros-boros ria wahai anak muda.. Kita gak pernah tau kedepannya gimana. Selagi ngga penting-penting amat, bukan masuk ke kategori kebutuhan, jangan duluin napsu! Mendingan, saving.. (btw ini juga gue sadar karena waktu itu sempet baca thread/artikel tentang ngga boleh boros di era pandemi)

Yang bisa jadi hiburan juga, gue dan temen-temen kantor waktu awal-awal masih seneng banget eksplore aplikasi apa yang enak buat concall. Kita cobain Google Hangout, terus Zoom juga, sampe akhirnya kita memutuskan buat concall di Zoom karena background nya bisa ganti-ganti dan bisa jadi bahan becandaan, ini sempet jadi makanan sehari-hari karena sambil daily meeting sampai akhirnya udah berasa terbiasa aja. Sama gengs juga gitu, yang biasanya chat aja jarang sekarang jadi nagih buat video call kalo lagi sama-sama bosen.


Nah, gue bukan tipikal yang suka bangetttt nonton film gitu, biasa aja. Gak suka main game juga, ya jadi kalo emang udah sumpek banget paling cari hiburannya nggak jauh dari socmed aja. Bisa juga baca lagi buku-buku lama kayak buku-bukunya Raditya Dika, cari bacaan-bacaan ringan, denger podcast dari yang kocak, ngobrol santai sampe ke yang agak serius, terus juga nonton youtube. Terus sehari dua hari sempet iseng juga melatih kembali jari jemari untuk bonding sama gitar, belajar kunci ukulele, terakhir, kalo udah bener-bener gak tau mau ngapain ya rebahan dan nothing to do. Gapapa kok.

Sekarang gue lagi nyari kegiatan lagi nih kira-kira harus apaa biar tetep waras selama #dirumahaja. Akhirnya kemaren, gue iseng-iseng nanya ke temen-temen di instagram, mereka udah beli barang apa aja yang sekiranya unik atau menunjang kegiatan barunya di masa-masa ini, siapa tau dapet inspirasi abis ini gue harus cari-cari masalah kegiatan lagi.

Nah karena selama #dirumahaja, ternyata banyak temen gue yang mungkin baru sadar akan kebutuhan-kebutuhan yang sebelumnya belum kefikiran. Gue rasa #dirumahaja ini bikin kita jadi lebih aware sama lingkungan terkecil kita kayak misal kamar atau rumah dan seisinya, ya gak sih? Misal, temen gue beli perintilan kebutuhan untuk di kamar selama WFH kayak ya beli meja baru, beli karpet buat selonjoran selama WFH, beli kursi kerja baru buat di kamar, beli AC baru, ditambah lagi ada yang beli perintilan baru buat dekor kamar untuk memberikan vibes baru di kamar. Ada juga yang beli peralatan dapur kaya rice cooker, oven baru, spatula, panci dan kawan-kawan dan bahkan juga cobek batu buat menunjang kemampuan memasaknya di dapur!

Lain lagi sama yang mulai coba kegiatan baru dan juga hobi baru, kayak main tiktok hehe, ikut kelas pembelajaran online, beli layangan (?) eh beneran ini ada yg bilang beli layangan haha, terus temen kantor juga pada coba beli kruistik, ada yang mulai jualan dari hasil karya atau masakannya, ada yang beli canvas serta cat buat ngelukis, ada yang mulai coba buat berkebun, dan juga ada yang mulai buat podcast sendiri! Waaawww!!!

Selanjutnya ada yang beli PS4 baru, beli mainan kayak UNO atau Jenga, ada juga yang main crafting aquascape alias dunia akuarium, ada yang coba main game baru, kayak the sims sama animal crossing (ini yang lagi hits di kalangan teman-teman saya), ada juga yang beli gundam (nah ini laki saya nih, ngakunya beli 2 ternyata yang di checkout 3 -___-).

Nahhh, so inspiring kan temen-temen akuuuu??? Yay! Dari sini gue juga udah mulai kefikiran gue mau coba ngelakuin apa lagi.. Gue mau belajar ilmu baru, via buku atau kelas online mungkin (?), gue mau nulis lagi (haha), gue mau coba menanam, karena gue juga belum bisa ngejahit baju, kayaknya gue juga harus belajar itu, dan gue mau melihara tamagochi. Hahaha.


Nah dari sini gue yakin banget kalau masing-masing dari kita emang punya cara sendiri buat mengalihkan kebosanan selama #dirumahaja, masing-masing dari kita tau apa yang kita suka, apa yang mau kita lakuin dari dulu tapi belum ada waktunya, mau apa lagi, mau bisa ngapain lagi, dan apa yang kita butuhin disekitar kita. Kerjain aja, biar tetep waras. Dan kita emang masih butuh kewarasan untuk terus ngadepin kondisi ini. Nggak lo doang, banyak orang yang ngerasa kalo #dirumahaja ini bikin kita ngga baik-baik aja. Tapi, ada lebih banyak orang yang belum bisa #dirumahaja, pasti ngga kalah stress nya dengan ancaman tiap hari keluar rumah dan (naudzubillah) terpapar virus.

Nah semoga kita semua tetep waras ya guys menghadapi kondisi ini, semoga semuanya kembali normal secepat mungkin, semoga kalian semua diberikan kesehatan. Aamiin...

Jadi, mau ngerjain apa lagi nih selama #dirumah aja?


Share:

0 comments:

Post a Comment