Wednesday, May 24, 2017

Saya dukung kampanye #STOPCATCALLING!



Hallo… kali ini bahasannya agak serius dikit ngga papa yaa…
Ya, jadi udah tau belum catcalling itu apa? Bukan panggil panggil kucing yaa. Miawwww. Catcalling adalah :
1.      Melakukan hal-hal bertendensi seksual (biasanya dengan volume keras meski belum tentu secara eksplisit), termasuk bersiul, berseru, memberikan gestur, atau berkomentar, biasanya kepada perempuan (juga bisa laki-laki atau gender yang lain) yang lewat di jalan
2.      Menyuarakan bebunyian atau keributan kepada seseorang di depan publik yang membuat orang itu tidak nyaman (biasanya kepada pembicara, performer, atlet, dll.)

Dan catcalling ini termasuk ke dalam pelecehan seksual verbal loh. Kalo gue pribadi sebenernya udah tau sih bahwa siulan, atau godaan yang dilemparkan cowo-cowo iseng kepada cewe yang lagi jalan di depannya emang termasuk pelecehan seksual, karena pernah belajar pas semester dua. Kenapa pelecehan? Karena, ya secara langsung maupun tidak langsung, pastinya cewe-cewe korban catcalling ini merasa risih dan terganggu dong, iya gak?! That’s why, termasuk ke pelecehan seksual verbal. Nah tiati tuh cowo-cowo yang mulutnya suka iseng.

Then, #stopcatcalling akhir-akhir ini lagi hype banget loh di kampanyekan oleh para pembela kemerdekaan hak wanita masa kini. Cailah. Salah satu temen gue malah pernah bikin social experiment dengan cara dia jalan kaki di trotoar di salah satu sudut jalan Jakarta. Hasilnya? Sepanjang jalaannnn dia menerima catcalling dengan berbagai macam jenis. Kayak mulai dari siulan, sapaan bernada genit, sampai sapaan bernada islami (like, “assalamualaikum neng”), or you named it.

Nah ngomong-ngomong soal catcalling, jadi izinkan saya untuk menceritakan sedikit pengalaman pribadi yang baru aja kemarin hari lalu saya alami sendiri. Sebenernya sih, ini bener-bener memalukan. Tapi, untuk kelangsungan hidup kita bersama (?) so ngga ada salahnya juga gue share disini yaaa. Sebenernya, yang gue alami ini udah termasuk ke pengalaman yang sangat tidak mengenakkan.

Jadi, kalau yang liat instastory gue kemaren, gue sempet posting seruan “make our streets safer for woman”. Nah itu ada kesinambungannya nih sama postingan blog ini. Ceritanya, gue ada jadwal bimbingan jam 11 siang, dan gue berangkat naik bus. Sekitar jam 11 tepat, bus berenti pas di jalan utan kayu, then gue turun. Nah, biasanyaaa kalau naik bus sampe depan gerbang unj gue suka pake masker sama headset, eh tapi pas kemaren tuh engga. Karena gue se-bus sama temen smp, jadi gue mikirnya yaudah bisa jalan sama dia sambil ngobrol. Selama bertahun-tahun kuliah, gue lebih suka jalan kaki dari jalan utan kayu (tempat gue turun bus) sampe ke unj, karena di samping gue emang demen jalan kaki supaya itung-itung olahraga, trotoar sepanjang jalan itu udah bagus dan emang lumayan nyaman buat pejalan kaki. Dan banyak juga anak unj yang emang turun dari halte TJ Utan Kayu juga pada jalan kaki ke unj. Soalnya, ya emang deket cuma 5 menit jalan kaki.

Eh ternyata, temen gue yang tadi se-bus sama gue dijemput (kayaknya) sama cowoknya di tempat turun bus. Alhasil gue yang tadinya udah mikir bakal ngobrol dan jalan kaki bareng dia, eh gagal. Karena udah kepalang lampu ijo jadi gue ngga sempet pake masker sama headset tuh. Udah langsung nyebrang terus jalan menuju unj. Siang itu, tumben banget jalan raya nya lumayan lengang. Biasanya mah jalan itu padat mulu yhe kan. Terus yaudah karena udah biasa jalan sendiri (yhaa sedih) wk, jadi gue santai aja tuh jalan kaki di sisi kiri jalan. Di depan gue, ada juga mas-mas yang jalan kaki menuju arah unj. Terus gue sempet berpapasan sama beberapa cewek yang gue yakin itu anak unj, mereka menuju arah sebaliknya. Sehabis melewati sebrang gerbang golf, ada satu motor mio yang pengendaranya ngeliatin gue dari spion. Mas-mas gitu dengan perawakan badan yang ngga terlalu gede, pake helm, jaket, celana bahan, sepatu, sama tas ransel gunung gitu. Lah gue kira temen kelas gue, jadi gue sempet lirik lah dia lewat spion tadi, dia masih ngeliatin gue dan emang sengaja dia pelanin laju motornya. Ternyata, setelah di liat-liat lah bukan temen gue yaudah gue melengos tuh.

Masih jalan kaki, ngga jauh dari golf tadi kan kanan kiri jalan itu kayak yang tembok tinggi sama rumah-rumah gede pinggir jalan yang selalu keliatan kosong. Nah mas-mas motor mio tadi, dengan jarak sekitar 5 langkah di depan gue, tiba-tiba berhentiin motornya. Lah gue kira dia ngecek hape atau sebagainya dong jadi gue keep forward. Go ahead. Kemudiaaaaaaannn, ketika gue pas banget jalan di samping motornya, gue sempet ngelirik dia lagi kan, karena gue masih posthink gue kira mau nyari alamat, eh dia ngomong “Neng, check in yuk”. Gue kira gue salah denger. Pandangan gue lurus ke depan, sambil masih jalan kaki, dan juga sambil istigfar. Eh dia ngomong lagi kalimat yang sama, “Neng, check in yuk”. Gue keringet dingin. Tapi berusaha tenang. Tadinya mau teriak, but gue memikirkan segala macam kemungkinan terburuk kalau gue teriak. Akhirnya gue diemin dan gue tetep jalan. Eh motornya dia jalanin dan sejajar dengan laju jalan gue. Terus dia masih berusaha ngomong dan kali ini omongannya harus di sensor, “Neng n****** yuk!”. Astagfirullah. Astagfirullah. Bayangin, dia ngomong kayak gitu sampe dua atau tiga kali di samping gue. Gue istigfar. Aslinya gue lemes plus keringet dingin. Gue takut, sekaligus gue kesel. Dan gue tetep berusaha tenang. Kenapa ngga teriak? Karena kondisi jalan lengang banget. Mas-mas yang tadi jalan kaki depan gue udah jauh banget di depan. Jadi yang bisa gue lakuin, tetap berusaha tenang. Karena kalau itu orang emang kayak gitu gara-gara ‘penyakit’, dan kalau dia kayak gitu terus gue keliatan takut, dia malah seneng.
Sampai akhirnya, karena emang nggak gue gubris sama sekali. Dia langsung gas motornya dengan kecepatan penuh sambil masih ngeliatin gue lewat spion. Pas dia udah jauh, gue baru bisa ngerasain kaki gue gemeter banget. Sambil terus istigfar. Dan baru bisa caci maki dia dalem hati. sampai tulisan ini di buat pun, gue masih keringet dingin tiap inget kejadiannya.

Selama hampir 3 tahun kuliah bolak balik lewat jalan itu, baru kali ini gue mengalami kejadian yang sangat tidak mengenakan. Jahat. Gila. Celaka deh lo. Gue ngga ngerti lagi mau bilang apa. Mau caci maki, tapi semacem telat. Gue bener-bener langsung ngerasa butuh headset, biar omongan sampahnya tadi bisa langsung ilang dari ingatan gue. Amit-amit.

Setelah itu gue langsung ngaca, apa ada yang salah dari gue. I mean, gue udah berusaha nutup loh. Ada yang salah dari baju gue? Jilbab gue udah nutup kok. Gue sampe muter-muter di kaca kamar mandi pas udah sampe kampus. Gue liatin baju gue, aman. Bagian bawah baju gue pun nutup. Baju gue pun longgar. Saya sudah berusaha jaga. That’s all.



Nah jadi, sebenernya yang masih nggak gue ngerti adalah, orang-orang pelaku ini ternyata nggak mandang korbannya. Gue yang udah ketutup aja masih dilecehkan secara berani di pinggir jalan raya ya kan. Gue nge post cerita ini bener-bener cuma mau share aja ke kalian kalian terutama ciwi-ciwi, ya siapa tau ada yang punya pengalaman juga tentang catcalling atau perbuatan tidak mengenakkan yang menyerempet ke sexual harassment, yuk sharing. Dan gue juga mau minta pendapat, sebenernya apa sih yang harus kita lakukan ketika mengalami hal yang kayak gue alami?!

Dan sekarang gue bener-bener dukung banget kampanye #stopcatcalling! Dan, kayaknya harus ada iklan layanan masyarakat juga ya tentang catcalling, biar yang mulutnya suka iseng jadi tau kalau gara-gara keisengan mulut mereka, mereka bisa kena pidana kalau emang korbannya merasa bener-bener diperlakukan tidak enak.

Nah segitu aja dulu cerita pengalaman tidak menyenangkan gue. Yang mau cerita-cerita tentang pengalaman serupa atau kasih advice tentang cerita ini atau punya jawaban tentang “What should I do if I get catcalling?!” monggo di komen J

Thanks.

Share:

3 comments:

  1. gue komen nih kik.
    Pertama, paradigma yg salah kalo cara berpakaian bisa menghindarkan dari pelecehan seksual. setau gue semua lsm perempuan gak pernah menyalahkan cara berpkaian karena itu hak individu (pandangan feminisme).
    kedua, cara paling populer biasanya si cewe bawa kaya bubuk cabe, alat setrum kejut, atau mereka belajar bela diri (dan gue pernah ngagetin temen gue (cewe) yang eskulnya silat. gue kagetin dan gue pegang pundaknya reflek dia bagus bgt bisa nendang pake kakinya pas ke bagian atas badan gue. intinya bela diri bagus buat reflek lu dalam kondisi kaya gini.
    ketiga, kasian juga ya digodain sama abang naek mio wakakak (ini bercanda) itu cekin cuma bercanda kali mane punya duit.
    terahir, nikmatilah dunia ii emag dibentuk dengan cara pandang laki-laki (gue rasa lu tau itu wkwkw) jadi ikutlah dalam gerakan feminisme.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I ngga mempermasalahkan baju kok gun haha. Asli gue selalu sedia jarum pentul kok gun buat nyolok mata orang iseng ._. Wqwq. Woyyy ngakaakk woyy malah mempermasalahkan mio ye luu. Haha. Ya sekalipun dia becanda tapi kan omongannya termasuk verbal sexual harassment guns

      Delete
    2. Apaan lu ditulisannya bilang ya perasaan baju gue udah tertutup deh -__-
      Beneran kik sekarang kalo kita liat hotel itu paling enggak 300 ribuan ya semalem. Tambahin dikit udah bisa bayar cicilan mio wkwkwk
      Yakin bisa nyolok orang iseng pas badan gemeteran ? Perlu pengalaman sih kalo ini setau gue.

      Delete