Sunday, January 8, 2017

BALADA MAHASISWA(I) TINGKAT AKHIR


Semester 7 udah mau abis, iyaaa ini aja gue lagi ngerjain soal UAS Take Home di mata kuliah tatap muka terakhir yang gue ambil di masa perkuliahan. Mata kuliah yang emang tinggal satu-satunya, dan UAS nya Take Home. Surgaaaaaa. Dari semester satu, UAS Take Home emang selalu bikin seneng. Hehe. Nah, pertengahan Januari nanti status gue berubah lagi jadi “Mahasiswi Semester 8” –semester akhir. Jengggggg. Di semester delapan nanti, mata kuliah non-tatap muka yang harus gue ambil adalah SPS dan Skripsi!!! Actually, dua matkul ini udah gue masukin ke KRS di semester tujuh, yang pada saat itu gue optimis bisa kelarin kuliah dalam tempo tiga setengah taun. Namun apadaya ku tak kuasaaa~ gara-gara gue sempet lalai dan mangkir nyetor muka ke dospem selama kurang lebih 2 bulan, jadi skripsi gue mandekkkkk ga ber-progress. Alhasil, ibu dosen pembimbing yang emang udah ngarepin gue bisa tiga setengah taun cuma bisa bilang “Jangan ngilang lagi ya Riz, padahal ibu kira kamu bisa loh selesai tiga setengah taun”. Gue sedih.
Because, life must go on… Akhirnya setelah selesai PKM bulan November lalu, gue kebut segala macam ketertinggalan yang kemaren gue sia-siakan *anjasss*. Okeee, di KRS semester 8 nanti akhirnya sisa dua matkul yang kemaren ngga ke-kejar harus gue ambil lagi. Dan, HARUS SELESAI *hap hap*.
Terus sekarang skripsi udah sampe mane, kik? Lagi revisi bab duaa nih, tapi minggu depan udah mulai turun lapangan buat bab tigaa. Heu.
Terus target kelar dan sidang kapan kik? Nah, gue udah bikin timeline skripsian sebenernya di note gue, yaa intinya karena di UNJ jadwal sidang dalam setaun itu cuma ada dua gelombang, yaitu di bulan Maret dan Juli, dan karena yang Maret udah fixxx ga bakal ke-kejar… So, gue bakal sidang dan LULUS di bulan Juli then wisuda di bulan September nya. Aamiin. Semesta, tolong aamiin-kan juga. AAMIIN.
Gue bikin tulisan ini bukan buat ngeluh atau apaa… ini niatnya jadi reminder. Biar ga lalai lagi. Soalnya kata ayah, “kalau lebih dari delapan semester, kamu cari uang bayaran sendiri ya” *jedeerrrr. Sadesss ga tuh bokap gue?? HA. Nah jadi, kalo kalian baca ini, so siapa pun kalo lo kenal sama gue, tolong ingetin dengan kalimat : “skripsi udah sampe mana, kik?”. Insyaallah gue jawab. Wk.
Kalo ayah gue ngancem soal bayaran, ibu gue lain lagi nih. Emak gue emang maha dahsyattt, tiba-tiba di suatu pagi tempo hari nyokap ngobrol ama ayah, dan posisi nya emang lagi di depan tv bareng gue “ayo yah, cari jas.” Gue heran kan, ayah gue mau kemane segala mau beli jas, “buat acara apaan bu?”, gue nanya lah langsung. Dan jawabannya kurang lebih begini : “buat wisuda kamuu, ibu juga udah pesen kain tapis tenun buat kamu wisuda, bulan ini jadi, nanti tinggal cari atasan kebaya nya”. Jawaban yang langsung bikin gue tersedak. Keselek. Abis itu gue jawab dengan lemes, “bulan September buuu, masih lama.” Emak gue, emang maha ajaib. Haha.
Nah, ngomongin soal proses pengerjaan skripsi ini nih yang sebenernya ngga bakal ada abisnya. Jadi gini, nanti nih ya… ketika kita udh di hadapan si skripsi, kita sebenernya tau kok mau ngerjain apa, tapi kadang adaaaa ajeeee yang bikin buyar. Entah drama korea yang beberapa part nya suka banget gue ulang-ulang, entah tab di chrome lebih enak di scroll scroll, entah kasur yang keliatannya empuk banget kalo siang, entah tiba-tiba muncul fikiran pengen nikah aja yang enak di khayalinnya *lohhh. Makanya, gue kalo skripsian ngga bisa tuh ngerjain dirumah. So, tempat favouriteeee gue buat skripsian adalah perpustakaan dan coffee shop. Kalo ngerjain di salah satu tempat itu, progress skripsi nya lebih berasa aja. That’s why gue suka menclak menclok sendiri ke perpus UI, atau perpus FIS, atau juga ke beberapa coffee shop di dalem mall, buat semedi. Depan skripsi.
Ayah, Ibu, temen-temen kelas yang lebih semangat skripsiannya, video ucapan “semangat skripsi” dari Marcell pas di Bali, Pak Boss yang di Semarang, jas ayah, kain tapis, selempang S.Pd, baju toga, ancaman ayah, doa ibu, pertanyaan orang-orang tentang ‘gimana skripsi’ dan kapan lulus, resolusi buat kerja jadi guru di 2017 ini-lah yang sekarang bisa ‘nampar’ gue biar terus semangat. Ku yakin ku bisaaa~ huohuo.
Dah ah mau lanjut nge-UAS.
Sekian.
Share:

0 comments:

Post a Comment