Sunday, January 15, 2017

Ketulah

Kamis sore di lantai 3 tempat gue ngajar bimbel, 10 menit sebelum bel pulang bunyi tiba-tiba pintu kelas di buka dan disusul dengan teriakan "kakaaakk bantuin aku dong.. udah mulai ujian praktek nih." Sebagai kakak guru yang baik, gue ladenin dulu nih cewek-cewek yang mukanya agak bete gara-gara tugas ujian praktek sosiologi di sekolahnya lumayan bikin mereka bingung. Kebetulan, di kelas yang gue ajar pun materi udah selesai gue sampein. So, ngga ada salahnya sekarang gue timpalin dulu nih anak-anak yang mendobrak pintu dengan paksa ini. Setelah blablablabla dan finally nemu titik terang untuk ujian praktek mereka, bel pun bunyi. Obrolan kami masih berlanjut di sepanjang tangga menuju lantai dasar.
Jumat siang lain cerita lagi, gue lagi skripsian di kantin kampus (karena di usir petugas perpus yang katanya perpus di tutup dulu sampe abis jumatan), tiba-tiba ada line masuk dari salah seorang murid X IIS 2 SMAN 43 Jakarta (tempat gue magang), begini bunyi nya :
"kak rizka mau nanya dong, pengertian sosialisasi, fungsi dan tujuan sosialisasi, jenis-jenis sosialisasi, tahapan sosialisasi, media sosialisasi."
Gue bacanya heran, lsg gue bales dong "itu soal apa bim? Ulangan yak?" -pertanyaan bodoh, yakali anak-anak langsung ulangan di minggu pertama masuk sekolah kik, kik.- Huahahaha.
Then dia bales lg dengan cepat, "engga kak, kita disuruh ngerangkum materi baru nih tapi gak ada di buku" huhu ku tau apa yang kalian rasa dik adikkk.
"Okee saya kirim ppt ttg materi itu ke email kamu yaa, tolong sebarin ke anak kelas juga" kebetulan banget karena emang lagi di depan laptop dan materi ttg sosialisasi emang udah gue bikin juga buat ngajar bimbel.
Dari duluuu, ngga pernah sama sekali terlintas niat sedikitpun untuk jadi guru. Ngga mau. Gue bilang sendiri sama diri gue "ah ngga mau jadi guru, apaan si, ngebosenin bgt kerjanya" then, lo bakal tau apa arti ketulah gengs setelah omongan lu jadi kenyataan. Huahahahaha. Iyaa, ketulah -kemakan omongan sendiri. Apa si eta jadi guru, eh malah rejeki nya di jurusan pendidikan, eh kuliahnya malah memperjuangkan gelar S.Pd~
Seiring berjalannya waktu, karena udah terlanjur basah, ya gue nyemplung aja sekalian mulai dari coba jadi guru bimbel. Lah kok gue enjoy?! Loh, ketemu sama anak-anak murid baru di tiap taunnya bukan pekerjaan yang membosankan ternyata. Apalagi, anak-anak yang gue ajar masih di usia ABG, sumpah ngajar ABG bikin lo berasa muda terus. Serius. Haha. Then, ada kesenangan batin ketika mereka -murid yang lo ajar- pada akhirnya bilang "ohh, iya iya ngerti kak. Paham kak." Ini artinya, apa yang gue omongin berarti sampe dong ke mereka?! Dari situ, gue merasa bermanfaat. Karena kalo kata Mam Hastanti (guru bahasa inggris jaman smk), sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain *ini serius nih*.
Ngadepin anak-anak abege yang masih centil-centilnya, lagi bandel-bandelnya, ada yang mikir kritis-kritisnya, ikutan obrolan mereka, ngecengin mereka, ikut di cengin, dengerin curhatan mereka, bantu mereka belajar, ngikutin tren mereka, belajar sabar gara-gara mereka, itu bukan pekerjaan yang membosankan, for sure!!!
Walaupun setiap sebelum masuk kelas, gue pun masih harus terus belajar (lebih dulu) tentang materi yang mau di bahas nantinya. Gue, dituntut untuk bisa setidaknya satu level lebih atas di banding mereka dalam hal stock of knowledge. Walaupun, pada akhirnyaaa sama semua anak yang gue temui di kelas gue bilang "untuk saat ini anggap saya rekan belajar kalian". Gue belom jadi guru, belom. Masih dalam tahap menjemput ijab kabul ke-S.Pd-an toh?! Tapi dengan satu kalimat itu, ternyata pada akhirnya sejauh ini gue bisa bangun hubungan yang baik sama anak-anak yang gue ajar dan pernah gue ajar.
At least, jadi seorang guru itu bukan perkara lo nyampein materi di kelas dengan seluruh pengetahuan yang lo punya, then pas bel terus selesai. Buat gue, jadi seorang guru itu perkara sejauh mana lo bakal tetep di butuhin buat jadi rekan mereka belajar, kapan pun, dimana pun, mereka tahu mereka harus minta tolong ke siapa, dan lo masih berasa bertanggung jawab atas itu.
Dan sejauh ini, saya, suka di panggil kakak (guru).
Sekian.
Share:

0 comments:

Post a Comment